Rabu, 19 Agustus 2015

Sejarah Nagara dan strukturnya

Assalamualaikum .wr.wb
Saya akan menceritakan sejarah tentang terbentuknya daerah yang disebut dengan 'NAGARA' 
    Pada jaman dahulu berdiri sebuah kerajaan yang dianggap sebagai kerajaan pertama di Kalimantan Selatan yang bernama Nagara Daha yang menurut riwayat, seringkali terjadi peperangan, termasuk di dalamnya adalah peperangan dalam perebutan kekuasaan. Yang akhirnya pada suatu waktu, Pangeran Samudera yang dianggap lebih berhak untuk     mewarisi tahta raja dapat memenangkan peperangan serta berkuasa kembali dengan adanya bantuan dari kerajaan Demak di Jawa. Kisah ini juga berkaitan dengan riwayat  terjadinya Kota Banjarmasin.

    Dalam riwayat lain, pemberian nama Nagara adalah dikaitkan dengan adanya kisah mengenai Putri Junjung Buih, yang menurut wangsit meyakini bahwa jodohnya adalah seorang pangeran berasal dari negeri seberang, dalam hal ini adalah dari kerajaan di Pulau Jawa. Dalam perjalanannya, pangeran tersebut mendapatkan rintangan yang salah satunya adalah munculnya naga di tengah lautan, yang kemudian memunculkan nama Nagara yang diartikan senagai Naga di atas rawa (lautan).

  Nagara terdiri dari 3 daha yaitu :
  • Daha utara (Kodepos : 71253)
  • Daha selatan(Kodepos : 71252)
  • Daha barat (Kodepos : 71252)
Daha utara terdiri dari beberapa Desa/kelurahan yaitu :
  • Desa Baruh Kembang
  • Desa Belah Paikat
  • Desa Hakurung
  • Desa Hamayung
  • Desa Hamayung Utara
  • Desa Mandala Murung Mesjid
  • Desa Murung Raya
  • Desa Paharangan
  • Desa Pakan Dalam 
  • Desa Pakapuran Kecil
  • Desa Pandak Daun 
  • Desa Panggandingan
  • Desa Paramaian 
  • Desa Pasungkan 
  • Desa Sei/Sungai Garuda 
  • Desa Sungai Mandala
  • Desa Taluk Haur
  • Desa Tambak Bitin
  • Desa Teluk Labak 
Daha selatan terdiri dari beberapa Desa/kelurahan yaitu :
  • Desa Banjar Baru
  • Desa Banua Hanyar
  • Desa Baruh Jaya
  • Desa Bayanan
  • Desa Habirau
  • Desa Habirau Tengah
  • Desa Muning Baru
  • Desa Muning Dalam
  • Desa Muning Tengah
  • Desa Pandan Sari
  • Desa Parigi
  • Desa Pihanin Raya
  • Desa Samuda
  • Desa Sei/Sungai Pinang
  • Desa Tambangan
  • Desa Tumbukan Banyu
Daha barat terdiri dari beberapa Desa/kelurahan yaitu :
  • Desa Badaun
  • Desa Bajayau
  • Desa Bajayau Lama
  • Desa Bajayau Tengah
  • Desa Baru 
  • Desa Siang Gantung
  • Desa Tanjung Selor
Dan itulah yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat
Wassalamualaikum .wr.wb

3 komentar:

  1. Mff .saya mnambahkan tntang tulisan ini
    .rasanya bkan Negara Daha yg kerajaan pertama dikalsel .tapi menurut spengetahuan yg saya dpt adlh, kerajaan Tanjungpura, kerajaan Negara Dipa, dan baru lahirnya Negara Daha

    Dan untuk kata2 mhon d.perbaiki lgi agar tdk ad yg trjadi salah pemahaman bgi pembaca.

    Dan tmbahan bgi tulisan ini ,mnurut spengetahuan saya, dan bku2 yg saya bca .nama dari Negara Daha .untuk Negara(nagara) sepamahaman dgn saya .lalu "Daha" .mnrut bhasa lokal "daha" (dayak) adlh darah .dan ad jga kmngkinan nama "daha" diambil dari sebuah kerajaan di jawa timur yg bernama daha atau kediri. (Buku .sejarah Indonesia II .hlm 412 .dan Buku .Islamisasi Banjarmasin .hlm 107 ).

    Dan kemudian, untuk penulisan ini .harus didampingi dgn sumber2 yg d.ambil .misal, mmbacanya dmna .jd hrus d.cantumkan .agar penulisan ini bsa kuat

    Sblumnya saya mohon maaf sbesar2 nya dan stinggi2nya .saya dsini hnya meluruskan dan saya jga masih bljar dan mendalaminya.
    sungguhnya kebaikan hanya milik Allah dan keburukan hanya dtang dari pd dri saya
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Min mau tanya kenapa di sebut urang negara (nagara ) ?

    BalasHapus